Mengenal Desain Grafis dan Menjadi Penulis On-Line yang Menghasilkan


Graphic_Online designBagi Anda sebagai desainer grafis ataupun calon desainer grafis, kemampuan menggunakan perangkat lunak grafis seperti CorelDraw, Adobe PageMaker, Adobe Photoshop dan lain sebagainya tidaklah cukup. Produk teknologi seperti ini sejatinya hanyalah alat pendukung pekerjaan desain, yang kalau bukan jiwa kreatif kita yang menggerakkannya, hasilnya juga tidak seperti yang diharapkan.

Banyak sekali orang-orang menyebut dirinya desainer grafis dengan hanya mengandalkan pengetahuan penggunaan perangkat lunak komputer grafis, tetapi tidak mengasah dan menambah wawasannya dengan membaca teori seni dan desain serta ilmu komunikasi.
Mengapa? Sebab seni berperan dalam hal keteraturan dan keindahan dalam mendesain media publikasi. Sedangkan ilmu komunikasi berperan dalam memahami posisi desainer grafis sebagai komunikator yang sedang menyusun pesan yang hendak dibaca oleh komunikan (si penerima pesan).

Yang saya lihat banyak orang mengoleksi buku-buku komputer grafis ketimbang buku tentang teori estetika, teori desain atau ilmu komunikasi. Walaupun sesungguhnya kita tanpa sadar memang menerapkannya.

Saya akan coba memaparkan secara singkat, namun cukup komprehensif mengenai dasar-dasar desain grafis yang harus dipahami para desainer grafis pemula, ataupun yang profesional. Sehingga, ketika menggunakan berbagai perangkat lunak komputer grafis, tidak berkutat pada teknik menggunakannya, tetapi lebih berpikir penuh pada kendali seni dan komunikasi dalam menghasilkan karya visual desain grafis yang baik.

Literatur yang membahas seni dan komunikasi dalam desain grafis seperti ini jarang sekali saya temukan pada penerbitan buku komputer untuk kelompok grafis. Yang ada hanya membahas pada fungsi dan penggunaan fasilitas yang dimiliki perangkat lunak tersebut. Hal ini bisa membawa pembaca mengarah pada perspektif teknologis saja.

Ini juga yang akhirnya akan membuat pembaca menjadi pragmatis, tidak memandang bidang lain yang sesungguhnya tidak kalah penting dalam menciptakan karya desain yang memukau.
Rita Daryanti dalam tabloid PCplus pernah mencatat bahwa pengenalan program (perangkat lunak) secara fisik tidak mampu berbuat banyak dalam proses penciptaan karakter secara visual, apalagi sanggup berkomunikasi… hingga pada akhirnya sebuah karya dipandang murah karena hanya bermodalkan perangkat komputer dan kemampuan mengoperasikan program grafis.

24 Balasan ke Mengenal Desain Grafis dan Menjadi Penulis On-Line yang Menghasilkan

  1. ido mengatakan:

    Sangat setuju sekali. Hakikatnya seorang desainer wajib memiliki jiwa seni, mampu menciptakan sesuatu yang indah serta dapat membangun suatu image. Adapun kemampuan untuk menggunakan software hanyalah pendukung saja, sebab ide adalah inti dari suatu karya.

  2. Sendy Putra mengatakan:

    mantapz….jika dengan musik apa ya jadinya ??

  3. Cendaku mengatakan:

    Ternyata desain grafis itu lebih luas dari dugaanku yang amatiran ini.

  4. teuku achmad mengatakan:

    desainer indonesia makin edan euyyy.,.,.,.,.,.,

  5. hery mengatakan:

    sangat setuju

  6. ephy mengatakan:

    Setuju PWUOLL….

  7. ray rahman mengatakan:

    mnurut w, w stju bngt krna smua tnpa jiwa art n bgai mn u bs mnyampaikn hsil sni u ke publik smu hya mhpran krtas putih, blom d hasillll, bgt jg dgn smua sni yg lain

  8. tya mengatakan:

    ajarin w dund…..mw g u

  9. guntur mengatakan:

    ruarrr biasa ulasan-a singkat jelas n padat jadi sekarang saya tau mengenal perangkat lunak semua org bisa tp mencipta design yang bs d terima banyak org blm tentu senua org bs, tq brotha

  10. GILANG mengatakan:

    setujuuuuuuuuuuuuuu

  11. yudhe mengatakan:

    waduh bener banget apa yang diulas… semua penjelasan yang dipaparkan menuju suatu pembelajaran yang baik. karena semenjak aku suka baca buku desain jarang yang memunculkan suatu pembelajaran yang mengarah ke estetika seni.

  12. amircountriside mengatakan:

    wawww qerenn tuchh… gw jg senang banget ama seni, gw jg pengen banget tu bisa gambar lewat PC, soal nya selama ni gw gambar pake pensil N pulpen.. or bagsnya gw bljr gmbr pke PC tu program nya apa ya…??

  13. bayu mengatakan:

    bagus yah dunia desain grafis………….:D

  14. chandra widodo mengatakan:

    gabung dunk……

  15. deny wood mengatakan:

    emang betul…bagi aq kreativitas lebih utama ! benerr..suerr..karna aq orang yang bekerja dengan dunia coret mencoret atau m-desaign…

  16. zha_Q mengatakan:

    waw,,

    kren..
    boleh donk minta di tularin ilmu nya..

    hha..

    3 tahun sekolah blom bisa nguasai smua…

    hhe

  17. Murdiansyah mengatakan:

    sip setuju bgd.. saya masih amatiran banget niih. soal2 desain gini.
    tapi saya tertarik aja pengen taw kayak gimana siih cara nya nge-desain secara grafis..selama ini cuma nge gambar2 aja tu pke pensil. hehehe

    kalo ga keberatan mohon bimbingan nya mba..^^

  18. edo mengatakan:

    tanya grade jurusan tentang desain itu yg paling tingi apa y? design product , interior, grafis, DKV?

    saya masi bingung milih jurusan …. yg masa dpnnya bagus yg mna y?

  19. Deni Wood mengatakan:

    aq kerja dipercetakan & advertising kurang lebih 5 tahun di Samarinda & BAlikpapan, intinya kreativitas & imajinasi seseorang desainer lebih Dominan…! persis seperti apa yang di paparkan diatas…

  20. ayahrayya mengatakan:

    ini dia kesalahanku selama bikin desain . . kok diliat kurang menarik . . . ditunggu kelanjutannya biar desainer indonesia makin top . ..

  21. zoelman mengatakan:

    makasih om atas info nya… saya jadi tau makna desain itu kayak apa…

  22. aba agus mengatakan:

    setuju …

  23. Hanifah mengatakan:

    met pagi,,
    lam kenal mbak selvee,,
    sy br lu2s kuliah di bidang desain busana,,sy mo blajar lbh byk lg ttg desain secra digital n desain grafis juga,,,
    jd hni follow wp nya mabk yak??!!hihi,,thanx a lot,,moga ilmunya bermanfaat,,semangat berkaryaaa!!,,^^)v

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: